Sabtu, 05 Juli 2014

Ilmu Budaya Dasar

    Konsep Diri

       Jelaskan konsep diri yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Konsep diri dapat dipilih konsep diri masyarakat Indonesia secara umum, atau konsep diri masyarakat Indonesia melalui pendekatan suku bangsa. Sebagai contoh konsep diri masyarakat suku Minangkabau.

        Konsep Diri Suku Jawa
       
           Pembentukan konsep diri dimulai sejak masih kecil, dan masa kritis pembentukan konsep diri seseorang berada saat anak masuk sekolah dasar. Individu tidak lahir dengan konsep diri. Konsep diri terbentuk seiring dengan perkembangan hidup individu. Konsep diri merupakan suatu faktor yang dipelajari oleh seseorang, yang terbentuk dan pengalaman seseorang dalam berhubungan dengan orang lain.
        
          Suku Jawa memiliki konsep hidup Nerimo ing pangdum Nrimo artinya menerima, sedangkan pandum artinya pemberian. Jadi Nrimo ing Pandum memiliki arti menerima segala pemberian pada adanya tanpa menuntut. Konsep ini menjadi salah satu falsafah Jawa paling populer dimana masih sering digunakan oleh beberapa masyarakat. Pola ini menggambarkan sikap hidup yang serba pasrah dengan segala keputusan yang ditentukan oleh Tuhan. Orang dari Jawa memang meyakini bahwa kehidupan ini ada yang mengatur dan tidak dapat ditentang begitu saja.

           Setiap hal yang terjadi dalam kehidupan ini adalah sesuai dengan kehendak sang pengatur hidup. Kita tidak dapat mengelak, apalagi melawan semua itu. Inilah yang dikatakan sebagai nasib kehidupan. Konsep lainnya dari orang jawa adalah jangan ngoyo. Jalani saja segala yang harus kita jalani. Kita tak perlu terlalu berambisi untuk melakukan sesuatu yang nyata – nyata tidak dapat dilakukan. Orang jawa tidak menyarankan hal tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar