Minggu, 07 Mei 2017

Paralel Computation


  • Pendahuluan

Parallel computation adalah salah satu pemrograman komputer yang memungkinkan untuk melakukan eksekusi perintah secara bersamaan dalam satu ataupun banyak prosesor di dalam sebuah CPU. Parallel computation dapat mengoptimalkan pengerjaan suatu proses, karena banyak proses dikerjakan secara bersamaan .

  • Parallelism Concept

Parallelism Concept adalah sebuah kemampuan prosesor untuk melakukan sebuah tugas atau banyak tugas secara simultan atau bersama - sama, dengan kata lain prosesor mampu melakukan satu tugas maupun banyak tugas dalam satu waktu secara bersamaan.

  • Distributed Processing
Distributed Processing merupakan proses pendistribusian pengolahan paralel dalam pemrosesan paralel menggunakan beberapa mesin. Jadi, pendistribusian proses ke beberapa mesin agar dikerjakan secara bersamaan dan mendapatkan hasil yang cepat dan tepat.

  • Architectural Parallel Computer

Menurut seorang Designer Processor, taksonomi Flynn, Arsitektur Komputer dibagi menjadi 4 baguan, yaitu:
1. SISD (Single Instruction Single Data Stream)
Jenis Komputer yang hanya memiliki satu prosesor dan satu instruksi yang dieksekusi secara serial.

2. SIMD (Single Instruction  Multiple Data Stream)
Jenis komputer yang memiliki lebih dari satu prosesor, tetapi komputer ini hanya mengeksekusi satu instruksi secara paralel pada data yang berbeda pada level lock-step.

3. MISD (Multiple Instruction Single Data Stream)
Jenis komputer yang memiliki satu prosesor dan mengeksekusi beberapa instruksi secara paralel tetapi di dalam praktiknya tidak ada komputer yang dibangun dengan arsitektur ini karena sistemnya tidak mudah dipahami.

4. MIMD (Multiple Instruction Multiple Data Stream)
Jenis komputer yang memiliki lebih dari satu prosesor dan mengeksekusi lebih dari satu instruksi secara paralel. Tipe komputer ini yang paling banyak digunakan untuk membangun komputer paralel, bahkan banyak supercomputer yang menerapkan arsitektur ini, karena model dan konsepnya yang tidak terlalu rumit untuk dipahami.

sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar