Jumat, 14 April 2017

Pengantar Komputasi Cloud

Perkebambangan teknologi dijaman sekarang ini sangatlah pesat, dengan majunya teknologi segala hal dapat dilakukan dengan mudah dan serba praktis, salah satu contoh majunya teknologi dalam hal penyimpanan data yaitu cloud computing. Cloud computing adalah kombinasi pemanfaatan teknologi komputer dengan pengembangan berbasis internet. Pada teknologi komputasi awan (metafora dari ineternet) semua data berada dan disimpan di server internet, begitu juga aplikasi dan software yang dibutuhkan pengguna berada pada komputer server. Pengguna harus terhubung ke internet untuk bisa mengakses dan menjalankan aplikasi yang ada deserver tersebut.
Keunggulan cloud computing yaitu orang tidak perlu susah – susah membutuhkan media penyimpan seperti flash disk, hardisk dan lain – lain, karena semua sudah tersedia secara virtual. Dan juga fleksibilitas yang tinggi kapanpun dan dimanapun pengguna dapat mengakses data hanya perlu terkoneksi dengan internet.
Ada beberapa jenis layanan cloud computing diantaranya sebagai berikut:
  •  Software as a Service (SaaS)
Jenis layanan Software as service merupakan jenis layanan yang menyediakan aplikasi siap pakai untuk pengguna. Jadi user tidak perlu membuat aplikasi ataupun infrastruktur. Contohnya adalah gmail, hotmail, ymail, facebook.
  • Platform as a Service (PaaS)
Layanan ini menyewakan tempat untuk menjalankan sebuah aplikasi pengguna. Layanan tersebut bisa saja seperti penyedian system operasi, database, framework yang merupakan platform untuk menjalankan sebuah aplikasi. Contohnya Windows Azure, Amazon web service.
  • Infrastructure as a Service (IaaS)
Layanan ini menyidiakan infrastruktur IT kepada pengguna dimana layanan tersebut dibangun berbasis cloud. Infrastruktur tersebut bisa berupa fisik seperti hardisk, memory, jenis server, jaringan dan sebagainya. Contohnya Amazon EC2, Rackspace Cloud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar