Selasa, 25 November 2014

Pemanfaatan BSE sebagai new media dalam bidang pendidikan

New Media

New Media adalah perantara baru yang artinya perkembangan teknologi dari dahulu hingga sekarang dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi dan distribusinya.


New Media dalam bidang Pendidikan


New Media dalam bidang Pendidikan merupakan sarana belajar untuk dapat saling bertukar informasi bahkan dapat digunakan untuk mencari sumber informasi yang dapat mempermudah sistem pembelajaran seperti mendapatkan informasi dari internet. Misalnya BSE ( Buku Sekolah Elektronik ).

BSE ( Buku Sekolah Elektronik )


Kali ini saya akan membahas pemanfaatan BSE ( Buku Sekolah Elektronik ) sebagai new media dalam bidang pendidikan. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang BSE sebaiknya kita mengetahui apa itu buku. Buku adalah sekumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya berisikan tulisan atau gambar. Setiap sisi dari sebuah lembar kertas disebut halaman.

Buku sangat penting bagi saran pendidikan, tetapi banyak orang yang sulit untuk mendapatkan buku, seperti orang - orang yang tinggal di pedesaan yang tidak terjangkau oleh pemerintah. Dalam hal ini pemerintah melalui Menteri Pendidikan Nasional melakukan gebrakan dengan membuat situs BSE di dalamnya terdapat berbagai macam buku untuk jenjang SD, SMP, SMA, SMK. Disanan kita dapat membaca buku secara online atau dapat men-download buku tersebut. Jadi siswa - siswi tidak lagi kesulitan untuk belajar karena tidak memiliki buku, hanya cukup men-downloadnya saja atau membacanya secara online. Didalam pelaksanaannya BSE mengalami beberapa kendala seperti koneksi internet, komputer, lisrtik dan sebagainya.

Harapan saya semoga menteri pendidikan nasional dapat mengatasi permasalahan yang ada di BSE dan membuat Indonesia menjadi negeri yang terpelajar dan memliki penerus bangsa yang ber-pendidikan.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Buku
http://id.wikipedia.org/wiki/Buku_sekolah_elektronik
http://bse.kemdikbud.go.id



Tidak ada komentar:

Posting Komentar